Minggu, 23 Desember 2018

Mengenal Komponen yang Ada pada Perangkat Kipas Angin AC


Air cooler atau kipas angin ac merupakan alat penyejuk udara yang bekerja dengan melakukan proses penguapan air. Mungkin anda sudah memiliki sebuah alat penyejuk ruangan di rumah dan telah menggunakannya selama beberapa waktu. Tapi, sudah tahukah anda tentang beberapa komponen penting yang mendukung sebuah alat penyejuk ruangan untuk beroperasi?

Tangki Air
Air merupakan komponen utama dari bekerjanya sebuah air cooler atau kipas angin ac. Air ini ditempatkan di tangki air yang biasanya berada di bagian bawah atau belakang dari sebuah alat penyejuk udara. Ukuran tangki air pun bermacam-macam tergantung dari jenis dan ukuran air coolernya. 

Cooling Pad
Dalam air cooler atau kipas angin ac ada sebuah bantalan yang dapat menyerap air. Bandalan ini merupakan media utama dalam proses penguapan air yang terjadi pada sebuah alat penyejuk udara. Ada dua jenis cooling pad atau media pendingin yang umum digunakan pada sebuah air cooler.
Yang pertama adalah Aspen Cooling Pad. Media pendingin jenis ini terbuat dari serutan kayu dan serat sintetis. Memiliki penampilan yang terlihat seperti rumput, Aspen Cooling Pad merupakan media pendingin yang ekonomis dan harganya bisa dibilang cukup murah. Aspen Cooling Pad bisa anda temukan pada air cooler yang murah dan ekonomis. Kekurangan dari media pendingin ini adalah jenisnya yang mudah kotor dan harus dibersihkan sesering mungkin, selain itu media pendingin jenis ini juga tidak terlalu tahan lama dan anda juga harus sering mengganti media pendingin ini jika anda menggunakan air cooler yang memakai Aspen Cooling Pad.
Jenis lainnya adalah Honeycomb Cooling Pad. Honeycomb Cooling Pad adalah media pendingin yang berbentuk seperti sarang lebah dan terbuat dari serat selulosa. Disebut Honeycomb Cooling Pad karena bentuknya yang mengingatkan terhadap sarang lebah. Media pendingin jenis ini sangat efektif untuk mendinginkan udara dan perawatannya juga sangat mudah. Selain tu, Honeycomb Cooling Pad juga lebih awet dan tahan lama. Namun, media pendingin ini memang harganya sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan Aspen Cooling Pad.

Pompa Air
Pompa air pada air cooler atau kipas angin ac berfungsi untuk mengambil air dari tangki dan menyalurkan air tersebut untuk membasahi cooling pad. Popma air pada alat penyejuk ruangan rentan rusak jika anda terlalu sering menyalakan air cooler dalam keadaan tangki air yang kosong.

Ventilasi
Air cooler atau kipas angin ac umumnya mempunya dua ventilasi, satu terletak di bagian belakang sebagai tempat udara masuk dan satu lagi terletak di bagian depan sebagai tempat keluarnya udara sejuk. Ventilasi yang terletak di bagian depan air cooler ada yang didesain penuh atau pun hanya sebagian dari bagian depan air cooler tersebut. Ventilasi ini juga merupakan bagian yang harus anda bersihkan secara rutin dengan menggunakan lap kering.

Kipas
Kipas dalam air cooler atau kipas angin ac biasanya berbentuk tabung yang di dalamnya tentu saja terdapat kipas yang  berputar. Kipas ini memiliki fungsi untuk mengalirkan udara sejuk yang telah melewati cooling pad untuk keluar melalui ventilasi air cooler yang berada di bagian depan.
Kipas juga merupakan komponen dalam air cooler yang proses perawatannya cukup sulit karena merupakan komponen yang paling rentan mengumpulkan debu. Untuk membersihkan sebuah kipas anda perlu menggunakan sikat atau kuas yang berukuran kecil dan membersihkan sela-sela kipas satu persatu. Anda tidak perlu menggunakan air untuk membersihkan kipas ini karena biasanya sebuah komponen kipas terhubung dengan kabel-kabel listrik yang tidak tahan air.

Penyaring Udara
Memang tidak semua jenis air cooler atau kipas angin ac memiliki komponen penyaring udara. Untuk alat penyejuk udara yang memilikinya, penyaring udara biasanya terletak di bagian belakang air cooler atau menempel dengan penutup bagian belakang. Penyaring udara tentu saja berfungsi untuk menyaring bakteri dan debu dari udara yang masuk ke dalam air cooler, agar udara yang dihasilkan oleh alat penyejuk ruangan menjadi lebih bersih dan bebas bakteri.

Penting untuk anda mengetahu komponen-komponen yang ada pada alat elektronik rumah tangga yang anda miliki. Hal ini agar anda bisa lebih paham bagaimana cara merawat komponen tersebut dan semisal suatu saat alat tersebut rusak anda bisa tahu bagian mana yang harus diganti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar